STRATEGI LINDUNG NILAI DENGAN OPSI

STRATEGI LINDUNG NILAI DENGAN OPSI




NURWAHIDAH
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen
Universitas Muhammadiyah Malang



Abstrak: Lindung nilai adalah suatu strategi yang diciptakan untuk mengurangi timbulnya risiko bisnis yang tidak terduga, di samping tetap dimungkinkannya memperoleh keuntungan dari invetasi tersebut. Argumen perlunya lindung nilai oleh perusahaan, kebanyakan perusahaan menggunakan lindung nilai karena tidak mempunyai kemampuan atau keahlian khusus dalam memprediksi variabel-variabel seperti tingkat bunga, kurs valas, dan harga komoditas. Dengan lindung nilai, perusahaan dapat memfokuskan aktivitas-aktivitas utamanya sesuai dengan kemampuan dan keahlian khususnya. Opsi adalah suatu kontrak yang memberi hak kepada pembeli atau pemegangnya (option buyer atau option holder) untuk membeli atau menjual sejumlah tertentu saham pada tingkat harga (exercise price) dan waktu tertentu (expiration date). Suatu lindung nilai hanya  suatu kombinasi dua atau lebih surat-surat berharga ke dalam posisi investasi tunggal untuk memperkecil risiko.

Abstract: Hedging is a strategy created to lessen incidence of business risk which do not be anticipated, beside conducive remain toness of having the advantage of the invetasi. Argument the importance of is hedging by company, most corporation use hedging because don't have specialty or ability in variables predictive like interest rate, rate of valas, and commodity price. covertly value, company can focussed activitys the core important as according to ability and specialty. option is a contract entitling to buyer or owner ( buyer option or of option holder) to buy or sell a number of is certain of share at price storey;level ( price exercise) and certain time ( date expiration). a hedge is simply a combination of two or more securities into a single investment position of reducing risk. let's say you hold a stock and want to reduce the amount of downside risk in the invesment.
Keyword: Hedging, Option, Hedging Strategy, Hedging Strategy With Option

PENDAHULUAN
Lindung nilai (hedging) merupakan strategi yang diciptakan untuk mengurangi timbulnya risiko bisnis yang tidak terduga, di samping tetap dimungkinkannya memperoleh keuntungan dari invetasi tersebut. Lindung nilai diperlukan oleh perusahaan, kebanyakan perusahaan menggunakan lindung nilai karena tidak mempunyai kemampuan atau keahlian khusus dalam memprediksi variabel-variabel seperti tingkat bunga, kurs valas, dan harga komoditas. Dengan lindung nilai, perusahaan dapat memfokuskan aktivitas-aktivitas utamanya sesuai dengan kemampuan dan keahlian khususnya.
Banyak transaksi lindung nilai yang tidak melibatkan instrumen keuangan eksotis ataupun derivatif. Lindung nilai alamiah merupakan suatu investasi yang bertujuan mengurangi risiko dari risiko yang tak terduga dengan cara menyelaraskan nilai perputaran uang misalnya pemasukan dan biaya. Contohnya, seorang eksportir barang dengan tujuan Amerika menghadapi risiko terhadap perubahan nilai mata uang dollar yang lalu memilih untuk mendirikan fasilitas produksi di wilayah Amerika agar struktur biaya dan harga jual dapat selaras nilainya.
Contoh lainnya adalah sebuah perusahaan yang mendirikan anak perusahaan di negara lain dan meminjam uang dalam mata uang setempat untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan, walaupun suku bunga pinjaman setempat lebih tinggi daripada suku bunga pinjaman dinegara asal namun dengan selarasnya pembayaran pinjaman hutang dan pemasukan yang diharapkan yang keduanya dalam mata uang setempat maka perusahaan induk telah mengurangi terjadinya risiko terhadap nilai tukar valuta asing.
Ada beberapa bentuk lindung nilai seperti: Kontrak searah dan kontrak berjangka adalah suatu lindung nilai terhadap risiko pergerakan harga di pasar, yang pada awalnya diciptakan oleh pasar komoditi pada abad ke 19 namun pada 50 tahun terakhir ini produk-produknya telah berkembang dan digunakan di pasar global sebagai sarana lindung nilai atas risiko pasar keuangan. Lindung nilai terhadap risiko kredit macet; di mana risiko kredit adalah suatu risiko dalam bisnis perbankan, namun merupakan risiko yang tidak dikehendaki oleh para pedagang.
Lindung nilai terhadap mata uang digunakan oleh para investor guna melindungi investasinya di negara lain juga oleh dunia industri yang menggunakan berbagai mata uang dalam perdagangannya, dan Lindung nilai terhadap semua mata uang tidak selalu tersedia namun setidaknya dapat ditemukan pada mata uang utama dunia seperti USD, GBP, EUR, JPY, CHF, HKD, AUD, CAD.
Dalam dunia investasi menurut (Sharpe: 191) opsi merupakan salah satu jenis kontrak antara dua orang dimana satu orang member hak kepada orang lain untuk membeli aset tertentu pada harga tertentu dan dalam periode waktu tertentu. Alternatifnya, kontrak juga bisa mengijinkan orang lain untuk menjual aset tertentu pada waktu tertentu dan dalam periode waktu tertentu. Orang yang menerima hak, dan harus membuat keputusan disebut pembeli option karena orang tersebut harus membayar hak tersebut. Orang yang menjual hak dan harus beraksi atas keputusan pembeli, disebut penjual opsi.
Terdapat banyak sekali jenis kontrak dengan ciri option. Bahkan dalam batasan sekuritas yang dapat ditransaksikan, ada banyak jenis yang dapat ditemukan. Secara tradisional, hanya instrument tertentu yang disebut option: lainnya meskipun bersifat sama, diberi nama berbeda.
Lindung nilai sangat dibutuhkan baik di future market maupun option market, karena lindung nilai adalah strategi yang digunakan agar apa yang dilakukan oleh pemegang opsi beli dan opsi jual tidak mengalami kerugian. Kerugian satu opsi menyebabkan kerugian opsi lain. Strategi- strategi hedging sangat diperlukkan untuk mengerakan opsi.

TUJUAN
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui strategi-strategi lindung dengan opsi baik itu opsi valas, opsi futures, opsi indeks dan opsi saham. Selain itu, penulisan ini memberikan informasi bahwa lindung nilai sangat diperlukan oleh perusahaan atau pemegang opsi untuk mengurangi adanya risiko atau kerugian, dan untuk mengetahui hubungan lindung nilai dengan opsi.

METODE       
Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode studi pustaka adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara analisa teori-teori dari buku, jurnal, internet dan penelitian-penelitian yang mendukung dalam penulisan ini.
    

HASIL DAN PEMBAHASAN
Lindung Nilai (Hedging)                 
Lindung nilai atau dalam bahasa Inggris disebut hedge dalam dunia keuangan dapat diartikan sebagai suatu investasi yang dilakukan khususnya untuk mengurangi atau meniadakan risiko pada suatu investasi lain. Lindung nilai adalah suatu strategi yang diciptakan untuk mengurangi timbulnya risiko bisnis yang tidak terduga, di samping tetap dimungkinkannya memperoleh keuntungan dari invetasi tersebut.
Seorang hedger atau pelaku lindung nilai biasanya akan melakukan investasi pada suatu sekuritas yang diyakininya memiliki harga di bawah nilai pasar yang seharusnya dan menggabungkannya dengan sekuritas lainnya yang berhubungan dengan sekuritas tersebut. Holbrook Working, seorang perintis teori lindung nilai menyebut teori ini dengan istilah "speculation in the basis" (spekulasi dasar), di mana dasarnya adalah perbedaan antara nilai teoritis lindung nilai dengan nilai pasar sesungguhnya.
Beberapa bentuk risiko yang diambil merupakan suatu risiko yang menyatu dari kegiatan bisnis yang dilakukan, dan beberapa merupakan hal yang wajar pada bisnis tertentu seperti misalnya pada bidang usaha pertambangan minyak dimana risiko kenaikan dan penurunan harga adalah hal yang wajar.
                
Opsi
Opsi adalah suatu kontrak yang memberi hak kepada pembeli atau pemegangnya (option buyer atau option holder) untuk membeli atau menjual sejumlah tertentu saham pada tingkat harga (exercise price) dan waktu tertentu (expiration date). Opsi, dalam dunia pasar modal, adalah suatu hak yang didasarkan pada suatu perjanjian untuk membeli atau menjual suatu komoditi, surat berharga keuangan, atau suatu mata uang asing pada suatu tingkat harga yang telah disetujui (ditetapkan di muka) pada setiap waktu dalam masa tiga bulan kontrak.
Opsi beli, atau yang lebih dikenal dengan istilah call option, adalah suatu hak untuk membeli sebuah asset pada harga kesepakatan (strike price) dan dalam jangka waktu tertentu yang disepakati—baik pada akhir masa jatuh tempo ataupun di antara tenggang waktu masa sebelum jatuh tempo. Pada opsi beli ini terdapat 2 pihak yang yaitu: pertama, Pembeli opsi beli atau biasa disebut call option buyer atau juga long call, kedua, Penjual opsi beli atau biasa juga disebut call option seller atau juga short call.
Opsi jual, atau yang lebih dikenal dengan istilah put option, adalah suatu hak untuk menjual sebuah asset pada harga kesepakatan (strike price) dan dalam jangka waktu tertentu yang disepakati—baik pada akhir masa jatuh tempo ataupun di antara tenggang waktu masa sebelum jatuh tempo. Pada opsi jual ini juga terdapat 2 pihak yaitu: Pembeli opsi jual atau biasa disebut put option buyer atau juga long put, dan Penjual opsi beli atau biasa juga disebut put option seller atau juga short put.
Instrumen ini disebut opsi oleh karena perjanjian ini memberikan "hak" kepada pemegang opsi untuk menentukan apakah akan melaksanakan atau tidak (atau biasa disebut exercise) opsi yang dipegangnya, yaitu hak membeli (pada opsi beli) atau hak menjual (pada opsi jual)dan pihak yang menjual opsi atau yang biasa disebut "penerbit opsi" "wajib" untuk memenuhi hak opsi dari pemegang opsi tersebut sesuai dengan ketentuan yang disepakati. Opsi dapat digunakan untuk meminimalisasi risiko dan sekaligus memaksimalkan keuntungan dengan daya ungkit (leverage) yang lebih besar.       

 Lindung Nilai Dengan Opsi
Beberapa karakteristik yang melekat dalam instrument lindung nilai (Hedging). Pertama, harga ekskusi (exercise/strike price). Harga ekskusi adalah harga asset dasar yang di spesifikasikan dalam kontrak, jika suatu opsi dieksekusi. Pihak yang menentukkan harga ekskusi adalah bursa. Jika perusahaan bertindak sebagai pengambil posisi beli (long position) atas opsi beli, maka akan menginginkan harga ekskusi rendah. Sebaliknya, jika perusahaan bertindak sebagai pengambil posisi beli atas opsi jual, maka akan menginginkan harga ekskusinya tinggi.
Kedua, tanggal jatuh tempo (Maturity Date). Tanggal jatuh tempo adalah tanggal yang dispesifikasikan dalam kontrak yang menunjukkan saat opsi habis masa berlakunya. Pihak yang menentukkan tanggal jatuh tempo opsi adalah bursa. Ketika suatu opsi mencapai masa jatuh tempo, perdagangan dalam opsi yang lain dimulai. Kebanyakan opsi mempunyai masa jatuh tempo dalam jangka pendek, tetapi di pasar opsi yang sudah maju juga diperdagangkan opsi saham jangka panjang dan sering disebut dengan sekuritas-sekuritas antisipasi ekuitas jangka panjang (long term equity anticipation securities/LEAPS).
Ketiga, pengekskusian (Exercising). Pengekskusian adalah proses penggunaan hak atas opsi yang dilakukan oleh pengambil opsi beli. Berdasarkan kapan waktu pengekskusian dapat dilakukan, opsi dibagi menjadi dua jenis, yaitu: 1. Opsi amerika, dan 2. Opsi eropa. Kata amerika dan eropa bukan merujuk pada letak georgaris, tetapi digunakan sebagai istilah. Opsi amerika adalah opsi yang dapat diekskusi pada setiap waktu sampai tanggal jatuh tempo. Sedangkan, opsi eropa adalah opsi yang hanya dapat diekskusi pada tanggal jatuh temponya.
Terakhir, harga/premi opsi (Option Premium). Premi opsi adalah harga yang harus dibayar oleh pengambil posisi beli suatu opsi kepada penerbit sebagai kompensasi atas risiko yang ditanggungnya. Premi opsi dapat dianggap sebagai harga hak, baik beli maupun jual, yang ditanggung oleh pembeli opsi. Besar kecilnya premi opsi bergantung pada seberapa tinggi risiko atau ketidakpastian harga asset dasar opsi dimasa mendatang.
Dalam pasar keuangan ada berbagai macam opsi yang diperdagangkan, tetapi tidak semua opsi tersebut digunakan oleh semua perusahaan sebagai instrumen lindung nilai. Opsi berdasarkan asset dasarnya dibagi menjadi empat macam. Pertama, opsi saham. Opsi ini banyak diperdagangkan di bursa. Dari perspektif perusahaan jenis opsi ini jarang digunakan sebagai instrument lindung nilai.
Kedua, opsi mata uang asing. Opsi ini kebanyakan diperdagangkan di luar bursa (Over-The-Counter). Tetapi ada beberapa bursa yang memperdagangkannya. Ukuran satu kontrak antar mata uang dasar berbeda. Opsi ini memberikan hak kepada pembeli untuk membeli (call) atau menjual (put) suatu mata uang dari pihak penjual berdasarkan harga ekskusi tertentu pada atau sebelum tanggal kadaluwarsa (ekskusi) yang telah ditentukan. Opsi mata uang asing merupakan opsi yang terpopuler yang digunakan sebagai instrument lindung nilai atas asset-aset maupun kewajiban-kewajiban perusahaan.
Ketiga, opsi indeks. Opsi indeks merupakan opsi yang asset dasarnya adalah portofolio pasar saham yang diindikasikan dengan indeks pasarnya. Opsi indeks ini diperdagangkan diluar bursa dan di bursa. Opsi ini jarang digunakan sebagai instrument lindung nilai oleh perusahaan investasi atau reksa dana dalam melindungi portofolio sahamnya.
Terakhir, opsi future. Opsi future adalah opsi yang asset dasarnya adalah futures. Opsi ini umumnya berjatuh tempo sebelum periode penyerahan atas kontrak futures terjadi. Ketika opsi beli diekskusi, pemegang memperoleh dari penerbit. Suatu posisi beli dalam kontrak futures dasar plus sejumlah kas yang sama dengan kelebihan atas harga futures diatas harga ekskusi tersebut. Ketika opsi jual di ekskusi, pemegang memperoleh posisi jual dalam kontrak futures dasar plus sejumlah kas sama dengan kelebihan atas harga eskusi diatas harga futures tersebut.
Opsi-opsi diatas yang paling banyak digunakan sebagai instrument lindung nilai atas aset-aset dan kewajiban-kewajiban perusahaan adalah opsi valas (opsi mata uang). Opsi ini sangat cocok oleh perusahaan yang melakukan transaksi dalam valas atau perusahaan yang mempunyai anak perusahaan di luar negeri dengan aset-aset dan kewajiban-kewajibannya dalam denominasi valas.
Pertama, mengambil posisi beli atas opsi jual mata uang asing. Strategi ini dilakukan jika suatu perusahaan mempunyai aset yang akan diterima pada masa mendatang dalam denominasi mata uang asing tertentu.
Kedua, mengambil posisi beli atas opsi beli mata uang asing. Strategi ini dilakukan jika perusahaan akan memenuhi suatu kewajiban atau melakukan pembayaran di masa mendatang dalam denominasi mata uang asing.
Perusahaan pengambil posisi beli atas opsi beli dan opsi jual akan melakukan ekskusi atas opsinya jika posisinya menguntungkan. Opsi beli akan diekskusi jika harga ekskusi < harga spot mendatang. Sebaliknya, opsi jual akan diekskusi jika: harga ekskusi > harga spot mendatang, dan tidak diekskusi jika: harga ekskusi = harga spot mendatang. Setiap ekskusi yang dilakukan bukan berarti bahwa pemegang opsi beli atas opsi beli maupun opsi jual dipastikan mendapatkan keuntungan bersih karena didalamnya masih harus memperhitungkan premi opsinya.
Pengambilan posisi beli akan menghasilkan keuntungan bersih jika: (harga spot mendatang – premi asuransi) > harga ekskusi, dan akan menghasilkan kerugian jika: (harga spot mendatang – premi asuransi) < harga ekskusi. Sedangkan pengambilan posisi beli atas opsi jual akan menghasilkan keuntungan bersih jika: (harga ekskusi – harga premi) > harga spot mendatang, dan akan menghasilkan kerugian bersih jika: (harga ekskusi – harga premi) < harga spot mendatang.
Jika terjadi pergerakan harga aset dasar yang diharapkan di masa mendatang dengan realisasinya maka perusahaan yang mengambil posisi beli atas opsi beli maupun jual akan mendapat kerugian. Sesuai dengan karakteristiknya jika posisi pemegang opsi tidak menguntungkan maka tidak berkewajiban melakukan ekskusi pada saat masa berlakunya opsi berakhir. Dengan demikian kerugian maksimal yang ditanggung oleh perusahaan sebagai pemegang opsi, baik opsi jual maupun opsi beli adalah sebesar premi opsinya.
Mengacu pada prinsip keuntungan atau kerugian bersih lindung nilai dengan kontrak opsi tersebut, maka besarnya keuntungan atau kerugian totalnya dapat dihitung. Besarnya nilai keuntungan dan kerugian total atas opsi beli dapat di rumuskan sebagai beerikut:
Keuntungan         = [ST - (E + C)] x NKV
Kerugian = [E - (ST + C) ] x NKV
Besarnya keuntungan dan kerugian total lindung nilai dengan posisi beli atas opsi jual dapat dirumuskan sebagai berikut:
Keuntungan         = [E - (ST + C)] x NKV
Kerugian             = [(ST +P) – E] x NKV
Keterangan:
E                        = Kurs Ekskusi
ST                      = Kurs Spot Pada Periode T Mendatang
P                        = Premi Opsi Jual
C                       = Premi Opsi Beli
NKV                 = Nilai Kurs Valas

Strategi Lindung Nilai Dengan Opsi
Short hedge

Short hedge adalah tindakan melakukan lindung nilai dengan cara mengambil kontrak jual karena diperkirakan harga akan turun yang dapat merugikan komoditas atau piutang valuta asing. Apabila harga produk diperkirakan akan turun pada bula depan, maka nilai portofolio produk yang ada ditangan akan turun alias menderita kerugian di masa depan. Hal ini dapat terjadi karena tidak semua pihak dapat mengambil keputusan menjual produk dimaksud saat ini, melainkan harus tetap menahannya dalam portofolio produk.
Manajer investasi dapat melakukan lindung nilai (short hedge) untuk mengurangi kerugian yang mungkin terjadi atas produk dalam portofolio dikarenakan harga produk di spot market, maka manajer investasi dapat melakukan short hedge dengan cara: mengambil kontrak short call di option market. Apabila dugaan harga produk akan turun menjadi kenyataan di spor market, maka secara teoritis nilai portofolio ditangan juga kan turun. Kerugian karena turunnya nilai portofolio produk sebagian atau seluruhnya dapat ditutup oleh keuntungan yang diperoleh dari option market.

Long hedge

Bagi pihak yang mempunyai utang dalam bentuk produk berupa barang, valuta asing atau dalam bentuk lainnya akan mengalami kerugian serius jika produk tersebut mengalami kenaikan harga di masa datang. Untuk menghindari atau mengurangi kerugian yang besar, pihak pengutang dapat mengambil kontrak beli dalam bentuk short put di option market. Apabila dugaan kenaikan harga produk menjadi kenyataan di spot market, maka kerugian dikarenakan naiknya nilai utang akan dikompensasi dengan keuntungan yang diperoleh dari option market.


 Strategi Perdagangan Opsi

Adapun strategi yang biasa digunakan dalam perdagangan opsi, sebagai berikut:
1.  Strategi terbuka
        Strategi terbuka (Naked Strategi) melibatkan penggunaan terpisah dari setiap posisi option yaitu: strategi pembelian call (long position), strategi penjualan call option (short/writing position), strategi penjualan put dan strategi pembelian put. Posisi-posisi tersebut disebut strategi terbuka, karena tidak melibatkan posisi penyeimbangan (off-setting) atau posisi cegah risiko pada option atau saham yang mendasari yang lain. Laba rugi yang dihasilkan dari masing-masing strategi tergantung dari harga saham yang mendasari pada tanggal kadaluwarsa (dengan asumsi option tidak dilaksanakan atau dijual sebelum tanggal kadaluwarsa).
        Kerugian maksimal yang ditanggung oleh pembeli option adalah sebesar harga option. Pada saat yang bersamaan, pembeli option dapat memperoleh keuntungan dari pergerakan harga saham yang baik (peningkatan harga bagi call option dan penurunan harga bagi put option) dikurangi dengan harga option. Sebaliknya, laba maksimal yang dapat diperoleh oleh penjual option adalah sebesar harga option. Sementara itu, penjual option tetap menghadapi seluruh resiko yang berhubungan dengan pergerakan harga yang tidak baik.
       Strategi pembelian call merupakan strategi option yang paling langsung dalam memperoleh keuntungan dari peningkatan harga saham, dan pada saat yang bersamaan, membatasi kerugian maksimal terhadap harga option. Daya tarik spekulatif dari call option ini menberikan kesempatan bagi investor untuk menangkap pergerakan harga dari lebih banyak saham dalam nilai tertentu. Investor yang merasa harga saham akan mengalami penurunan atau perubahan yang sangat kecil, dapat memperoleh pendapatan dengan jalan menjual call option. Laba rugi yang diterima penjual option merupakan refleksi dari laba rugi pembeli option.
       Strategi pembelian put merupakan strategi option paling langsung dalam memperoleh manfaat akibat penurunan harga saham. Strategi penjualan put option digunakan jika investor mengharapkan harga saham akan mengalami peningkatan atau tidak mengalami perubahan. Laba maksimal yang diperoleh adalah harga option itu sendiri. Jika harga saham menurun sebelum atau pada saat tanggal kadaluwarsa, investor akan menanggung kerugian maksimal bagi strategi penjualan put.
2.  Strategi tertutup
       Berlawanan dengan strategi terbuka, strategi tertutup (covered or hedge strategies) melibatkan posisi dalam option dan juga posisi dalam saham yang mendasari. Tujuan strategi ini adalah mengimbangi setiap pergerakan harga yang tidak diinginkan melalui perolehan keuntungan dari posisi lainnya. Dua strategi tertutup yang paling sering digunakan adalah strategi penjualan call tertutup (covered call wrriting strategy) dan strategi pembelian put terlindungi (protective put buying stategy). Strategi penjualan call tertutup melibatkan posisi penjualan call option atas saham yang dimiliki investor dalam portofolionya.
       Investor mengalami posisi jual pada call option atas saham dengan posisi beli. Jika harga saham menurun,akan timbul kerugian akibat posisi beli saham. Namun pendapatan yang diperoleh dari penjualan call option akan mengganti seluruh kerugian, sebagian kerugian, atau lebih besar dari kerugian yang diderita sehingga memberikan laba bagi investor. Sementara itu, investor yang ingin melindungi nilai saham pada portofolionya dari resiko penurunan nilai pasar maka akan menggunakan strategi pembelian put terlindungi.
       Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membeli put option atas saham. Dengan cara demikian, investor memperoleh jaminan bahwa harga pelaksanaan put option akan lebih rendah daripada biaya option. Jika harga saham mengalami peningkatan, investor dapat berpartisipasi pada peningkatan harga tersebut, dengan laba yang diperoleh akan berkurang sebesar biaya option. Strategi ini disebut strategi put terlindungi. Straregi ini melibatkan posisi pembelian put dan posisi beli saham yang mendasari dalam portofolio.
3.  Strategi kombinasi
Dalam setiap strategi kombinasi, call option dan put option dari saham mendasari yang sama dengan harga pelaksanaan tanggal kadaluwarsa yang sama dijual atau dibeli. Jika posisi dan jumlah put option sama dengan call option, maka strategi ini disebut “straddle” yang merupakan jenis strategi gabungan yang paling terkenal. Macam strategi kombinasu yang lain yaitu: strips, straps, dan strangles.
4. Strategi spread
Dalam strategi ini melibatkan posisi pada satu atau lebih option sehingga biaya pembelian option didanai sepenuhnya atau sebagian dari hasil penjualan option lain dengan underlying asset yang sama.Strategi spread memiliki beberapa bentuk seperti bull spread, bear spread, box spread, butterfly spread, calendar spread, dan diagonal spread.


Hedging: Resiko Modifikasi
Suatu lindung nilai adalah  suatu kombinasi dua atau lebih surat-surat berharga ke dalam posisi investasi tunggal untuk memperkecil risiko.  Pihak yang memiliki saham dan ingin mengurangi jumlah sisi menurun resiko di dalam investasi, dapat melakukan dengan pengaturan atas hedge. Pada intinya, perusahaan  menggunakan hedge sebagai cara untuk memodifikasi eksposur resiko. Spesifiknya, pemilik berusaha untuk merubah tidak hanya kesempatan kerugian, tetapi juga jumlah kerugian, jika yang terburuk terjadi.
Suatu hedge sederhana mungkin melibatkan lebih dari pembelian saham dan secara serempak pembelian put pada saham yang sama. Atau itu bisa terdiri dari menjual beberapa short dan kemudian membeli call. Ada banyak jenis hedge, sebagian dari yang sangat sederhana dan yang lain yang sangat canggih. Investor menggunakannya untuk dasar yang sama: untuk mendapat atau melindungi laba tanpa membongkar investor untuk kerugian yang berlebihan.
Suatu opsi hedge mungkin sesuai jika sudah menghasilkan suatu laba dari suatu investasi saham biasa lebih awal dan berharap untuk melindungi laba itu. atau mungkin saja sesuai jika kamu mulai masuk ke suatu investasi saham biasa dan ingin melindungi uang-mu dengan pembatasan kerugian modal potensial.
Jika  pemegang saham yang harganya naik, pembelian suatu put akan menyediakan  jenis perlindungan menurun sesuai dengan yang dibutuhkan, pembelian call option, pada kontrasnya, akan menyediakan perlindungan kepada seorang penjual saham short option. Dengan demikian, option hedging  selalu melibatkan dua transaksi: 1) posisi saham biasa awal ( long atau short), 2) pembelian option secara serempak.
KESIMPULAN
Lindung nilai adalah suatu strategi yang diciptakan untuk mengurangi timbulnya risiko bisnis yang tidak terduga, di samping tetap dimungkinkannya memperoleh keuntungan dari invetasi tersebut. Argumen perlunya lindung nilai oleh perusahaan, kebanyakan perusahaan menggunakan lindung nilai karena tidak mempunyai kemampuan atau keahlian khusus dalam memprediksi variabel-variabel seperti tingkat bunga, kurs valas, dan harga komoditas. Dengan lindung nilai, perusahaan dapat memfokuskan aktivitas-aktivitas utamanya sesuai dengan kemampuan dan keahlian khususnya.
Opsi adalah suatu kontrak yang memberi hak kepada pembeli atau pemegangnya (option buyer atau option holder) untuk membeli atau menjual sejumlah tertentu saham pada tingkat harga (exercise price) dan waktu tertentu (expiration date). Suatu lindung nilai hanya  suatu kombinasi dua atau lebih surat-surat berharga ke dalam posisi investasi tunggal untuk memperkecil risiko.
Suatu opsi hedge mungkin sesuai jika sudah menghasilkan suatu laba dari suatu investasi saham biasa lebih awal dan berharap untuk melindungi laba itu. atau mungkin saja sesuai jika kamu mulai masuk ke suatu investasi saham biasa dan ingin melindungi uang-mu dengan pembatasan kerugian modal potensial.
Strategi lindung  nilai dengan opsi yang pertama, Short hedge adalah tindakan melakukan lindung nilai dengan cara mengambil kontrak jual karena diperkirakan harga akan turun yang dapat merugikan komoditas atau piutang valuta asing. Kedua, long hedge Bagi pihak yang mempunyai utang dalam bentuk produk berupa barang, valuta asing atau dalam bentuk lainnya akan mengalami kerugian serius jika produk tersebut mengalami kenaikan harga di masa datang.
Dalam perdagangan opsi terdapat beberapa strategi yang dikelompokkan sebagai berikut: Strategi terbuka, Strategi tertutup, Strategi kombinasi, Strategi spread.


DAFTAR PUSTAKA
Hull, john. Fundamentals Of Futures And Options Markets. Fifth edition.    Singapore: Pearson Prentice Hall (Pearson Education International).     2005.
Sharpe, William F. Alexander, Gordon J. Bailey, Jeffery V. 1995. Investment,        Fifth edition. Prentice-Hall, inc, USA. Diterjemahkan oleh Henry        Njooliangtik dan Agustiono. 1997. Jakarta: Prenhallindo.
Samsul, mohamad. Pasar Berjangka Komoditas dan Derivatif. Jakarta: Salemba     Empat. 2010.
Bodle, kane, marcus. Investasi, Edisi Keenam. Jakarta: Salemba Empat. 2006.
Rahardjo, sapto. Panduan Investasi Obligasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka          Utama.            .2003.
Handaru, sri, dkk. Manajemen Portofolio Dan Analisis Investasi, edisi pertama.     Yogyakarta: Andi. 1996.
Husnan, suad. Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritasnya. Yogyakarta : AMP YKPN. 2001.
Http: www.Saidkelana.Wordpress.Com. Diunduh Tanggal 12 Mei 2011.
Http://id.Wikipedia.org/wiki/ Lindung_nilai.htm. Diunduh tanggal 25 Mei 2011
Http:/petra-christian-university-library-/jiunkpe/jou/eakt/2000.pdf.com. diunduh    tanggal 25 Mei 2011

Komentar

  1. terimakasih, Materi yang berbobot.
    namun untuk tampilan blog kurang nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thankyou sudah menyempatkan waktu membaca blog sy. saya juga mash belajar dan itu postingan awal2 sy membuka blog dan sekrg baru aktf kembali. tapi terima kasih untuk masukannya.

      Hapus
  2. Penarikan paling Tercepat di DetikTrade

    Kamu bisa Trading dengan minimal Deposit Rp. 50.000 mengunakan bank lokal

    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

    Kelebihan bertransaksi di DetikTrade

    1. DetikTrade memberikan Bonus Deposit awal 10%** T&C Applied

    2. Minimal Deposit Rp. 50.000,- menggunakan Bank lokal

    3. Teregulasi di FCA UK

    4. Perusahaan berdiri sejak 2017 telah mengalami perubahan platform lengkap dengan fitur2 analis dan teknikal trading

    5. Deposit dapat dilakukan menggunakan BANK LOKAL BCA, BNI, BRI dan Mandiri

    6. Anda juga dapat uang tambahan dari Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

    Segera bergabung dan rasakan pengalaman trading yang light, kunjungi website kami

    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :

    WA : 087752543745

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

HIDUP ITU INDAH

BIROKRASI: PANDANGAN YANG LEBIH MENDALAM