STRATEGI LINDUNG NILAI BERBASIS DURASI

STRATEGI LINDUNG NILAI BERBASIS DURASI




NURWAHIDAH
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen
Universitas Muhammadiyah Malang



Abstrak: Lindung nilai adalah suatu strategi yang diciptakan untuk mengurangi timbulnya risiko bisnis yang tidak terduga, di samping tetap dimungkinkannya memperoleh keuntungan dari invetasi tersebut. Konsep durasi adalah penting resiko lindung nilai tingkat bunga. Durasi mengukur berapa lama rata-rata suatu investasi harus menunggu sebelum menerima pembayaran. Durasi meupakan rata-rata tertimbang dari waktu sampai pembayaran diterima, dengan menimbang untuk waktu pembayaran tertentu menjadi sebanding kepada nilai saat ini pembayaran. Asumsi kunci yang mendasari lindung nilai berdasarkan durasi adalah bahwa semua perubahan tingkat bunga dengan jumlah yang sama. Ini berarti bahwa hanya pergeseran parallel dalam struktur dipertimbangkan. Dalam praktek tingkat bunga berjangka pendek biasanya lebih mudah volatile dibanding dengan tingkat bunga jangka panjang dan performa lindung nilai dapat dikenakan untuk menjadi lemah jika durasi dari obligasi dasar kontrak future berbeda jelas dari durasi dari aset lindung nilai.

Abstract: Hedging is a strategy created to lessen incidence of business risk which do not be anticipated, beside conducive remain toness of having the advantage of the invetasi. The concept of duration is important in hedging interest rate risk. Duration measures how long an average an investor has to wait before receiving payments. It is a weighted average of the times until payments are received, with the weight for a particular payment time being proportional to the present value of the payments. The key asusumption underlying the duration-based hedging is that all interest rates change by the same amount. This means, that only parallel shifts in the term structure are allowed for. In practice, short-term interest rate are generally more volatile than are long-term interest rate, and hedge performance is liable to be poor if the duration of the asset being hedged.
Keyword: Hedging Staregies, Duration, And Duration-Based Hedging Strategies.

PENDAHULUAN
            Krisis moneter yang dialami Indonesia sedikit mereda, pasar modal dan pasar uang mulai bergerak cukup dinamis seiring dengan meningkatnya aliran dana yang masuk ke negeri ini. Perkembangan ini memacu para investor dan pelaku pasar untuk lebih berhati-hati dan selektif dalam memilih dan menanamkan uangnya di instrumen-instrumen investasi di pasar modal dan pasar uang. Saham dan obligasi sebagai instrument yang paling popular di pasar modal merupakan salah satu alternative investasi bagi para investor.
Dalam hal investasi, para investor menginginkan tingkat pengembalian tertentu atas sejumlah risiko tertentu yang ditanggungnya. Saham umumnya menawarkan tingkat pengembalian yang relative lebih tinggi daripada obligasi. Keinginan investor untuk melindungi dirinya dari adanya risiko investasi di pasar modal dapat diakomodasi dengan adanya sekuritas derivative. Instrumen derivative ini sebagai inovasi baru di pasar modal yang perannya sangat diperhatikan terutama dalam hal strategi hedging atas transaksi-transaksi keuangan tertentu yang bersifat kontijen.
Lindung nilai (hedging) merupakan strategi yang diciptakan untuk mengurangi timbulnya risiko bisnis yang tidak terduga, di samping tetap dimungkinkannya memperoleh keuntungan dari invetasi tersebut. Lindung nilai diperlukan oleh perusahaan, kebanyakan perusahaan menggunakan lindung nilai karena tidak mempunyai kemampuan atau keahlian khusus dalam memprediksi variabel-variabel seperti tingkat bunga, kurs valas, dan harga komoditas. Dengan lindung nilai, perusahaan dapat memfokuskan aktivitas-aktivitas utamanya sesuai dengan kemampuan dan keahlian khususnya.
Banyak transaksi lindung nilai yang tidak melibatkan instrumen keuangan eksotis ataupun derivatif. Lindung nilai alamiah merupakan suatu investasi yang bertujuan mengurangi risiko dari risiko yang tak terduga dengan cara menyelaraskan nilai perputaran uang misalnya pemasukan dan biaya. Contohnya, seorang eksportir barang dengan tujuan Amerika menghadapi risiko terhadap perubahan nilai mata uang dollar yang lalu memilih untuk mendirikan fasilitas produksi di wilayah Amerika agar struktur biaya dan harga jual dapat selaras nilainya.
Setiap perdagangan obligasi, perubahan harga bersifat sangat sensitive dan dinamis serta dipengaruhi oleh berbagai aspek yang terkait dipasar, baik aspek internal perusahaan maupun faktor eksternal perusahaan, seperti kondisi tingkat suku bunga, kondisi ekonomi, tingkat inflasi, dan beberapa aspek fundamental lainnya. penggunaan konsep duration sangat bermanfaat untuk mengetahui secara lebih sistematis aaspek yang mempengaruhi struktur fundamental obligasi.
Aspek utama yang mempengaruhi struktur obligasi adalah sensitivitas harga obligasi terhadap perubahan tingkat suku bunga atau perubahan yield obligasi tersebut. Dengan mengetahui konsep durasi, investor obligasi diharapkan lebih berhati-hati dalam mencermati investasi obligasi, terutama dalam menyikapi adanya perubahan tingkat suku bunga.
Durasi sangat penting dalam resiko lindung nilai tingkat bunga karena durasi mengukur rata-rata lama suatu investasi harus menunggu sebelum menerima pembayaran. Ketika lindung nilai dikonstruksi menggunakan futures tingkat bunga, maka ada pemikiran bahwa tingkat bunga dan harga futures bergerak dalam arah yang berlawanan.
Ketika tingkat bunga naik, maka tingkat bunga harga future turun. Ketika tingkat bunga turun, maka akan terjadi sebaliknya tingkat bunga harga future naik. Dengan demikian, sebuah perusahaan dalam posisi kehilangan uang jika tingkat bunga harga future menurun seharusnya hedge mengambil posisi long futures. Sebaliknya, perusahaan dalam posisi kehilangan uang jika tingkat bunga naik maka hedge mengambil posisi short futures.
Strategi lindung nilai berbasis durasi memang diperlukan untuk mengurangi adanya resiko-resiko dalam investasi instrumen-istrumen derivative. Oleh karena itu,  penulis mengambil judul “Strategi Lindung Nilai Berbasis Durasi”.

TUJUAN
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui pengertian lindung nilai (Hedging), untuk mengetahui pengertian dan penjelasan secara rinci tentang durasi (Duration), dan untuk mengetahui strategi-strategi yang dilakukan berbasis durasi.


METODE
Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode studi pustaka adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara analisa teori-teori dari buku, jurnal, internet dan penelitian-penelitian yang mendukung dalam penulisan ini.


HASIL DAN PEMBAHASAN
Lindung Nilai (Hedging)

Lindung nilai atau dalam bahasa Inggris disebut hedge dalam dunia keuangan dapat diartikan sebagai suatu investasi yang dilakukan khususnya untuk mengurangi atau meniadakan risiko pada suatu investasi lain. Lindung nilai adalah suatu strategi yang diciptakan untuk mengurangi timbulnya risiko bisnis yang tidak terduga, di samping tetap dimungkinkannya memperoleh keuntungan dari invetasi tersebut.
Seorang hedger atau pelaku lindung nilai biasanya akan melakukan investasi pada suatu sekuritas yang diyakininya memiliki harga di bawah nilai pasar yang seharusnya dan menggabungkannya dengan sekuritas lainnya yang berhubungan dengan sekuritas tersebut. Holbrook Working, seorang perintis teori lindung nilai menyebut teori ini dengan istilah "speculation in the basis" (spekulasi dasar), di mana dasarnya adalah perbedaan antara nilai teoritis lindung nilai dengan nilai pasar sesungguhnya.
Beberapa bentuk risiko yang diambil merupakan suatu risiko yang menyatu dari kegiatan bisnis yang dilakukan, dan beberapa merupakan hal yang wajar pada bisnis tertentu seperti misalnya pada bidang usaha pertambangan minyak dimana risiko kenaikan dan penurunan harga adalah hal yang wajar.
Beberapa bentuk risiko lainnya adalah tidak diinginkan namun tidak dapat dihindari tanpa dilakukan lindung nilai. Misalnya seseorang yang memiliki toko, tentunya dapat mengatasi risiko alami yang timbul seperti persaingan, kualitas barang yang jelek, barang yang tidak diminati, dan lainnya. Namun, risiko musnahnya sediaan barang dagangan oleh kebakaran adalah suatu risiko yang tidak diinginkan, tetapi dapat dilakukan lindung nilai dengan mengasuransikan tokonya terhadap risiko kebakaran. Konsep hedging adalah kerugian yang timbul karena penurunan atau kenaikan harga di pasar spot akan ditutup oleh keuntungan yang akan diperoleh dari pasar future.

Durasi

Durasi adalah ukuran rata-rata jatuh tempo dari arus pembayaran yang berasosiasi dengan obligasi. Lebih khusus durasi adalah rata-rata tertimbang dari jangka waktu sampai sisa pembayaran dilakukan (Hull:138). Durasi suatu obligasi: ukuran seberapa lama rata-rata pemegang obligasi menunggu sebelum menerima pembayaran-pembayaran kas.
Metode perhitungan obligasi tergantung dari tiga faktor (Rahardjo: 151) yaitu: Pertama, Jangka waktu jatuh tempo obligasi: obligasi yang mempunyai tingakt periode jatuh tempo yang semakin panjang akan mempunyai tingkat duration yang tinggi. Jadi, untuk obligasi yang memberikan kupon maka duration biasanya lebih rendah dari periode jatuh tempo obligasi tersebut.
Kedua, Tingkat suku bunga (kupon) obligasi: obligasi yang memberikan tingkat suku bunga tinggi lebih cepat melakukan pelunasan dari nilai pemshortan obligasi tersebut sehingga akan menghasilkan tingakt duration yang lebih kecil. Terakhir, Tingkat YTM (yield to maturity): obligasi yang mempunyai tingkat YTM yang relative tinggi akan semakin mempengaruhi tingakt duration obligasi tersebut.
Duration penting sekali bagi investor obligasi hal ini disebabkan oleh pertimbangan bahwa setiap strategi investasi obligasi, pemilihan portofolio obligasi sangat penting untuk memaksimalkan tingkat pendapatan obligasi tersebut.
Asumsi konsep macaulay Duration:
a. Obligasi yang mempunyai tingkat maturity semakin panjang maka harga obligasi tersebut akan semakin sensitive terhadap perubahan yield.
b. Obligasi yang mempunyai tingkat coupon rate semakin kecil maka harga obligasi tersebut senmakin sensitive terhadap tingkat perubahan yield.
c.  Obligasi yang mempunyai tingkat Macaulay semakin besar maka harga obligasi akan semakin sensitive terhadap tingkat perubahan yield
d. Obligasi yang mempunyai jangka waktu jatuh tempo semakin lama maka tingkat Macaulay Durationnya semakin besar.

Modifikasi Durasi

Modifikasi durasi adalah pola persamaan garis lurus. Fungsi modified duration itu sendiri merupakan metode penmdekatan yang lebih akurat untuk mengevaluasi perhitungan harga obligasi yang disebabkan perubahan tingkat suku bunga.
Analisa yang terdahulu didasarkan pada asumsi bahwa y dinyatakan dengan pemajemukan terus menerus (Continuous Compounding). Jika y diekspresikan dengan pemajemukan tahunan (Annual Compounding), maka dapat dilihat persamaan sebelumnya menjadi: DB = -(BDDy)/(1+y).
Jika y diekspresikan dengan frekuensi pemajemukan m kali per tahun, maka: DB = -(BDDy)/(1+y/m). D*= D/(1+y/m). D*= Durasi yang dimodifikasi. Ini memungkinkan hubungan durasi bisa disederhanakan menjadi: ∆B = -BD*∆y ketika y diekspresikan dengan frekuensi pemajemukan m waktu per tahun.

Portofolio Obligasi

Durasi portofolio obligasi: rata-rata tertimbang atas durasi dari obligasi dalam portofolio, dengan penimbang proporsional terhadap harga obligasinya. Ketika durasi digunakan untuk portofolio obligasi, ada asumsi implisit bahwa yield dari semua obligasi akan berubah jumlah yang sama. Ketika obligasi mempunyai maturitas yang berbeda secara luas, kejadian ini terjadi ketika ada perubahan paralel dalam kurva yield berkupon-nol (zero-coupon).

Lindung Nilai Portofolio Aset dan Kewajiban

Lembaga-lembaga keuangan seringkali berusaha melindung nilai dirinya sendiri terhadap risiko tingkat bunga dengan menjamin bahwa durasi aset-saetnya rata-rata = durasi kewajiban-kewajibannya rata-rata. Strategi ini disebut sebagai pencocokan durasi atau imunisasi portofolio (duration matching or portofolio immunization). Ketika mengimplementasikan ia menjamin bahwa perubahan paralel kecil dalam tingkat bunga akan berpengaruh kecil terhadap nilai portofolio aset dan kewajiban.
Pencocokan durasi tidak mengebalkan suatu portofolio terhadap perubahan-perubahan non-paralel dalam kurva nol. Ini adalah kelemahan pendekatan ini. Dalam praktik, tingkat bunga jangka pendek biasanya lebih bergejolak dan tidak secara sempurna berkorelasi dengan tingkat bunga jangka panjang. Kadang-kadang terjadi bahwa tingkat bunga jangka pendek dan panjang bergerak dalam arah yang berlawanan dengan yang lain.

Strategi Lindung Nilai Berdasarkan Durasi
Situasi mempertimbangkan dimana suatu posisi dalam suatu aset bergantung pada tingkat bunga seperti portofolio obligasi atau keamanan pasar uang di lindung dengan menggunakan suatu kontrak future tingkat bunga. Menggambarkan:
Fc   =   Harga kontrak dari kontrak future tingkat bunga
Df    =   Durasi dari aset dasar kontrak future pada jatuh tempo dari kontrak future
P   =   Nilai forward dari portofolio lindung pada maturitas lindung nilai. Pada    praktek-nya biasanya diasumsikan menjadi nilai portofolio hari ini    sama.
Dp  =   Durasi portofolio pada maturitas dari lindung.
Jika asumsi bahwa perubahan dalam yield (Dy) sama untuk semua maturitas, ini berarti bahwa hanya perubahan paralel dalam kurva yield dapat terjadi, dan itu secara pendekatan benar: DP = -PDPDy. untuk pendekatan layak  itu juga benar: DFC = -FCDF Dy. Jumlah kontrak yang disyaratkan untuk melindung nilai terhadap ketidakpastian Dy (N*) = PDP/FCDF. N*: rasio lindung nilai berdasarkan durasi atau rasio lindung nilai sensitifitas harga.
Ketika lindung nilai dikonstruksi menggunakan futures tingkat bunga, maka ada pemikiran bahwa tingkat bunga dan harga futures bergerak dalam arah yang berlawanan. Ketika tingkat bunga naik, maka tingkat bunga harga future turun. Ketika tingkat bunga turun, maka akan terjadi sebaliknya tingkat bunga harga future naik. Dengan demikian, sebuah perusahaan dalam posisi kehilangan uang jika tingkat bunga harga future menurun seharusnya hedge mengambil posisi long futures. Sebaliknya, perusahaan dalam posisi kehilangan uang jika tingkat bunga naik maka hedge mengambil posisi short futures.
Hedger mencoba untuk memilih kontrak future sehingga jangka waktu aset dasar adalah memungkinkan menutup untuk durasi aset yang di hedged. Future eurodollar cenderung digunakan untuk ekspose ke tingkat bunga jangka pendek sedangkan obligasi pemerintah dan kontrak future catatan pemerintah digunakan untuk ekspose tingkat bunga jangka panjang.

Lindung Nilai Portofolio Obligasi

Manajer dana memerlukan posisi short dalam future obligasi pemerintah untuk hedge portofolio obligasi. Jika tingkat bunga naik, keuntungan akan terjadi pada posisi short future dan kerugian akan terjadi pada portofolio obligasi. Jika tingkat bunga menurun, kerugian akan dibuat pada posisi short, tapi akan ada keuntungan pada portofolio obligasi.



Lindung Nilai Pinjaman Tingkat Bunga Mengambang

Tingkat bunga future dapat digunakan untuk hedge suku bunga yang dibayar oleh peminjam pada pinjaman tingkat bunga mengambang. Future eurodollar adalah ideal untuk tingkat bunga Eurodollar karena penutupan dihubungkan dengan suku bunga dimana korporasi meminjam.
Kita akan mempertimbangkan penggunaan Future eurodollar untuk menghedge pinjaman tiga bulan dimana tingkat bunga di pasang setiap bulan. Perusahaan akan kehilangan uang jika kenaikan tingkat bunga dan memperoleh keuntungan jika tingkat bunga turun. Oleh karena itu memerlukan suatu posisi short pada kontrak future. Durasi dari aset dasar kontrak future pada jatuh tempo dari kontrak.



KESIMPULAN

Lindung nilai adalah suatu strategi yang diciptakan untuk mengurangi timbulnya risiko bisnis yang tidak terduga, di samping tetap dimungkinkannya memperoleh keuntungan dari invetasi tersebut. Holbrook Working, seorang perintis teori lindung nilai menyebut teori ini dengan istilah "speculation in the basis" (spekulasi dasar), di mana dasarnya adalah perbedaan antara nilai teoritis lindung nilai dengan nilai pasar sesungguhnya.
Konsep durasi adalah penting dalam resiko lindung nilai tingkat bunga. Durasi mengukur berapa lama rata-rata suatu investasi harus menunggu sebelum menerima pembayaran. Durasi meupakan rata-rata tertimbang dari waktu sampai pembayaran diterima, dengan menimbang untuk waktu pembayaran tertentu menjadi sebanding kepada nilai saat ini pembayaran.
Hasil kunci dasar lindung nilai berdasarkan durasi dijelaskan dengan ∆B = -BD*∆y. dimana B adalah harga obligasi, D adalah durasi, ∆y adalah perubahan kecil pada yield (continuous compounding), dan ∆B adalah hasil perubahan kecil dalam B. rumus ini memungkinkan seorang hedger untuk sensitive aset dari harga obligasi untuk perubahan dalam yield.
Hal ini juga memungkinkan seorang hedger menaksir sensitivitas dari tingkat bunga harga future untuk perubahan kecil dalam yield dari obligasi dasar. Jika hedger mengantisipasi asumsi bahwa ∆y  adalah sama untuk semua obligasi, hasilnya memungkinkan hedger mengakumulasi angka dari kebutuhan kontrak future untuk melindungi obligasi atau perubahan portofolio obligasi lagi dalam tingkat bunga.
Asumsi kunci yang mendasari lindung nilai berdasarkan durasi adalah bahwa semua perubahan tingkat bunga dengan jumlah yang sama. Ini berarti bahwa hanya pergeseran paralel dalam struktur dipertimbangkan. Dalam praktek tingkat bunga berjangka pendek biasanya lebih mudah volatile dibanding dengan tingkat bunga jangka panjang dan performa lindung nilai dapat dikenakan untuk menjadi lemah jika durasi dari obligasi dasar kontrak future berbeda jelas dari durasi dari aset lindung nilai. 


DAFTAR PUSTAKA
Hull, John. 2005. Fundamentals Of Futures And Options Markets. Fifth edition.      USA:   Pearson Prentice-Hall (Pearson Education International).
Sharpe, William F. Alexander, Gordon J. Bailey, Jeffery V. 1995. Investment,        Fifth edition. Prentice-Hall, inc, USA. Diterjemahkan oleh Henry        Njooliangtik dan Agustiono. 1997. Jakarta: Prenhallindo.
Samsul, Mohamad. Pasar Berjangka Komoditas dan Derivatif. Jakarta: Salemba     Empat. 2001.
Bodle, Kane, Marcus. 2006. Investasi. Edisi Keenam. Jakarta: Salemba Empat.
Rahardjo, Sapto. 2003. Panduan Investasi Obligasi. Jakarta: PT. Gramedia             Pustaka Utama.          
Handaru, Sri, dkk. 1996. Manajemen Portofolio Dan Analisis Investasi. Edisi         Pertama. Yogyakarta: Andi.
Http: www.Saidkelana.Wordpress.Com. Diunduh Tanggal 12 Mei 2011.
Http://id.Wikipedia.org/wiki/ Lindung_nilai.htm. Diunduh tanggal 25 Mei 2011
Http:/petra-christian-university-library-/jiunkpe/jou/eakt/2000.pdf.com. diunduh    tanggal 25 Mei 2011

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI LINDUNG NILAI DENGAN OPSI

HIDUP ITU INDAH

ABOUT MY THESIS